Thursday 6 February 2014

Indonesia DAn ASEAN Markets 2015

Diberitakanya mengenai pasar bebas ASEAN yang akan terjadi pada tahun depan,akan banyak menimbulkan segi positif dan negatif bagi negara kita,namun melihat ekonomi indonesia belakangan tahun-tahun sebelumnya hingga saat ini Industri indonesia dinilai masih belum bisa bersaing dari negara ASEAN lainnya.


Salah satu Guru Besar Fakultas Ekonomi Universitas Padjadjaran Ina Primiana mengatakan pemerintah hingga saat ini belum mempersiapkan industri unggulan yang akan bersaing dengan produk luar. 

Dan dampak dari hal ini dapat menyebabkan PHK karyawan karyawan hingga membeludaknya angka pengangguran di tahun yang akan datang,apabila pemerintah dan masyarakat indonesia tidak siap membuat lapangan dan brand brand baru yang bisa bersaing di indonesia maka indonesia akan terancam menjadi negera konsumer di ASEAN.

Menurut penilaian Ina, pemerintah belum membangun industri semenjak dari dulu, Walaupun ada industri dalam negeri tapi mayoritas masih menggunakan bahan baku impor
"Artinya mau sektor mana yang mau dibangun dari awal kita siapkan. Ketika kita ingin membuat minuman kaleng harus disiapkan dari buahnya, kebunnya, produksinya. Artinya ketersediaan bahan baku, misalnya untuk alas kaki misalnya. Sekarang kan tidak karena tidak sinkronnya kebijakan," tegasnya.

Selain membuat PHK, pasar bebas ASEAN juga akan membuat defisit neraca perdagangan melebar. Pasalnya, ekspor Industri juga akan menurun karena tidak sanggup bersaing dengan produk lain.

Sumber dari Merdeka.com

0 comments:

Post a Comment