Wednesday 5 February 2014

Bisnis Franchise

Dalam perkembangan zaman yang semakin maju baik dalam teknoligi maupun ekonomi menimbulkan hal hal yang baru khususnya dalam meningkatkan sumber daya manusia di dalamnya,
Di secmen kali ini kita akan membahas tentang  sebuah jenis bisnis yang sedang banyakdi gandrungi  dan mengalami trend  di negara kita,yaitu bisnis franchise.

bisnis franchise atau yang biasanya masyarakat kenal dengan waralaba,blakangan ini banyak di minati oleh sejumlah orang,baik mereka yang menggunakan brand orang lain maupun menciptakan brand sendiri.

dalam kamus besar AFI (asosiasi franchase indonesia )Franchase atau waralaba adalah adalah Suatu sistem pendistribusian barang atau jasa kepada pelanggan akhir, dimana pemilik merek (franchisor) memberikan hak kepada individu atau perusahaan untuk melaksanakan bisnis dengan merek, nama, sistem, prosedur dan cara-cara yang telah ditetapkan sebelumnya dalam jangka waktu tertentu meliputi area tertentu.
Selain pengertian waralaba, perlu dijelaskan pula apa yang dimaksud dengan franchisor dan franchisee.
  • Franchisor atau pemberi waralaba, adalah badan usaha atau perorangan yang memberikan hak kepada pihak lain untuk memanfaatkan dan atau menggunakan hak atas kekayaan intelektual  atau penemuan atau ciri khas usaha yang dimilikinya.
  • Franchisee atau penerima waralaba, adalah badan usaha atau perorangan yang diberikan hak untuk memanfaatkan dan atau menggunakan hak atas kekayaan intelektual atau penemuan atau ciri khas yang dimiliki pemberi waralaba

Adapun contoh usaha franchise yang beredar di masyarakat kita adalah,Alfamart,Indomart,Kebab Turki Baba Rafi Dan lain lain.


0 comments:

Post a Comment