Thursday 6 February 2014

Cara Cerdas Mengatur Keuangan



Dalam perjalanan kehidupan seseorang apabila kita tak cerdas dalam menjalaninya maka nasib kita tak akan berubah,meskipun banyak kita melakukan pekerjaan pekerjaan  dan mendapatkan penghasilan yang lebih apabila kita tak cerdas mengakali dan mensiasati keuangan kita maka besarnya pengeluaran akan tak terbendung di tambah gaya hidup hita yang glamour.

dan artikel kali ini akan membahas tentang bagai mana kita mengatur keuangan kita sehingga uang adalah alat yang mempermudah hidup kita.



1. Tetapkan Tujuan Keuangan
Bagi beberapa orang, tidak ada yang lebih menarik dibandingkan menyisihkan sebagian uang untuk membeli rumah dengan tiga kamar tidur berpagar putih. Mimpi lain melanglang buana ke seluruh dunia.
Memang benar jika memiliki tujuan yang pasti akan membuat lebih mudah mengatur keuangan pribadi. Hal itu juga akan menjadi motivasi untuk mengumpulkan pendapatan.

2. Buat Rencana Pengeluaran
Kebanyakan orang menghabiskan sekitar 2/3 dari pendapatan mereka pada tiga hal penting, yakni: makanan, perumahan, dan transportasi. Adapula pembayaran utang, tabungan, biaya rumah tangga, dan barang-barang opsional seperti hiburan.
Anda sebaiknya membuat anggaran tahunan dengan mengalokasikan tujuan belanja berdasarkan pembagian pos masing-masing. 

3. Tahan Diri Terhadap Godaan Tawaran Penjualan
Toko memang diciptakan untuk menguras habis kantong pembeli. Tawaran promosi seperti diskon, hadiah hiburan adalah beberapa teknik yang digunakan penjual untuk menarik konsumen.
Tapi jika kita mengetahui trik mereka, akan membuat kita bisa menahan godaan dari tawaran-tawaran tersebut. Hal lebih mudah adalah segera mengatakan tidak atas semua tawaran tersebut. 

4. Lacak Pengeluaran Pribadi
Melacak setiap pengeluaran selama dua minggu dapat menyaring pengeluaran yang tidak perlu, seperti makanan restoran dan biaya taksi.
5. Mencari Produk Serupa yang Menawarkan Harga Lebih Murah
Penetapan harga produk di sebuah toko ternyata bisa jauh lebih mahal dari harga awal produk tersebut. Jika ketika ingin membeli satu produk dan melihat harga yang lebih rendah tercantum di tempat lain, jangan ragu untuk pindah ke toko tersebut..

6. Cari Pendapatan Lebih dari Satu Sumber
Pada zaman sekarang apapun bisa terjadi. Kurangnya keamanan kerja di pasar saat ini membuat siapa pun bisa kehilangan pekerjaan atau menghadapi pemotongan gaji.
Namun hal ini diperbaiki jika ada sumber penghasilan kedua. Carilah ide-ide tentang cara untuk mendapatkan lebih banyak uang.

7. Mulai Bisnis Sendiri
Seperti di Amerika, resesi mengilhami banyak orang untuk mengeksplorasi kewirausahaan, sebagai cara untuk mengambil kembali kendali kehidupan finansial mereka.
Bahkan usaha relatif kecil, seperti blog yang menghasilkan uang melalui iklan atau kebun yang menghasilkan bunga, bisa berubah menjadi sumber keamanan finansial.

8.Investasikan uang anda
Setelah kita menyisihkan keuangan kitalebih baik menggunakanya bukan hanya di tabung banyak perusahaan perusahaan membuka ivestasi dalam mengembangkan usahanya,apabila kita sulit untuk menemukan investasi di perusahaan kita dapat menginvestasikan uang kita ke tanah,properti ataupun emas.


Banyak mereka yang kaya adalah pengatur keuangan yang cerdas,mereka lebih menghargai uang di bandingkan orang lain dan membuat uang sebagai alat pemuddah kehidupan mereka.
semoga artikel di atas membantu rekan rekan semua.

0 comments:

Post a Comment